Usai Acara Siraman Gong Kyai Pradah, Makde Rahmat : Sebagai Sarana Ekonomi Bangkit Lebih Cepat

Informasi-Realita.net,BLITAR||

Siraman Gong Kyai Pradah merupakan ritual budaya yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat sekitar Lodoyo di Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Setelah dua tahun tradisi yang diselenggarakan secara terbatas karena adanya pandemi covid-19.

Namun untuk Siraman Gong Kyai Pradah kali ini, Pemkab Blitar menggelar secara terbuka. Artinya boleh dihadiri masyarakat umum secara langsung, bertempat di Alon-Alon Lodoyo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar, pada Minggu (9/10/2022). Ritual ini digelar dua kali dalam setahun yakni setiap 1 Syawal dan Rabiul Awal, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhamamd SAW.

Wabup Rahmat Santoso, berfoto bersama dengan warga masyarakat, usai mengikuti acara siraman Gong Kyai Pradah.(sumber foto doc IST)

Pada kesempatan ini juga dihadiri Wakil ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Wakil ketua Komisi IV DPR RI Anggia Ermarini dan Forkopimda Blitar Raya.

Usai acara Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso berjalan kaki dengan masih berpakaian lengkap adat mendatangi masyarakat untuk menyapa para pedagang yang berjualan di sekitar acara.Dan duduk berdialog dengan masyarakat.

“Saya senang acara ini berlangsung dengan tertib, aman dan damai. Berbeda dengan tahun lalu yang di rayakan masih pembatasan Covid-19, kali ini kita merayakan dengan cukup meriah”,terang Wabup Rahmat yang dikenal dekat dengan seluruh masyarakat ini.

Dirinya menambahkan, terutama UMKM bisa bangkit kembali.Meskipun sudah dibebaskan untuk kegiatan ini tetap harus menjaga protokol kesehatan.

“Alhamdulillah bisa kita atur sedemikian rupa dan lancar. Alhamdulillah juga masyarakat, pedagang kaki lima, dan UMKM bisa bebas berjualan. Semoga bisa kembali tumbuh, ekonomi bisa kembali bangkit, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat,”terangnya.

Tak lupa juga, Wabup yang akrab disapa Makdhe Rahmat ini menyampaikan,apresiasi dan terimakasih kepada aparat keamanan. Hingga acara ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

“Kepada Pak Kapolres Blitar dan jajarannya, serta Pak Dandim 0808/Blitar dan jajarannya, selama 3 hari yang lalu kurang tidur karena mempersiapkan pengamanan agar tidak terjadi kerumunan massa yang tidak terkendali.

Atas nama pribadi dan Pemkab Blitar saya ucapkan terimakasih dan sangat mengapresiasi, hingga acara ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar,”pungkas Makdhe Rahmat yang juga Wakil Ketua DPW PAN Jawa Timur ini.

(Ati/Lipsus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini