Informasi-Realita.net,BLITAR||

Polres Blitar Kota mengamankan TKP penemuan 26 unit granat yang terpendam di lahan kosong milik Alminah di Dusun Kambingan, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono bersama Dandim 0808 Letkol Inf Sapto Dwi Priyono juga langsung datangi penemuan granat di Desa Dayu Kecamatan Nglegok tersebut.

Saat ini puluhan granat tersebut sudah diamankan oleh Tim Jihandak Brimob Polda Jatim dan akan dilakukan disposal atau pemusnahan.

“Sejumlah granat yang ditemukan berjenis fragmentasi dengan kondisi sudah berkarat. Dari 26 buah granat yang ditemukan, sebanyak 20 granat utuh dan enam granat dalam bentuk serpihan,”kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, Sabtu (12/11/2022).

Tim Jihandak Brimob Polda Jatim melakukan evakuasi dan sterilisasi di lokasi penemuan granat di Dusun Kambingan, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jumat (11/11/2022) malam. (Istimewa/Humas Polres Blitar Kota)Granat kali pertama ditemukan oleh Suyadi, anak Alminah pada Jumat (11/11).

Ketika itu, Suyadi sedang menggali tanah untuk pondasi rumah di lahan kosong milik orang tuanya.

Setelah menggali tanah sedalam lebih kurang satu meter, cangkul Suyadi membentur sebuah benda yang diduga besi. Suyadi kemudian mengambil benda diduga besi dan ternyata menyerupai granat.

“Sebelum melaporkan temuannya ke desa dan Polsek Nglegok, saksi mencoba memastikan di dalam lubang dan ternyata di dalamnya masih ada 6 buah granat,” ujar AKBP Argowiyono.

Polres Blitar Kota bersama Polsek Nglegok memasang police line untuk menstrerilkan lokasi.

“Lalu, kami berkoordinasi dengan Tim Jihandak dari Brimob Polda Jatim untuk evakuasi granat di lokasi,” katanya.

AKBP Argowiyono mengatakan Tim Jihandak Brimob Polda Jatim tiba di lokasi pemenuan granat sekitar pukul 19.00 WIB

Tim Jihandak Brimob Polda Jatim melakukan pemeriksaan, evakuasi, dan sterilasi penemuan granat di lokasi sampai pukul 20.35 WIB.

“Dari hasil evakuasi dan sterilisasi oleh Tim Jihandak, akhirnya granat yang berhasil ditemukan di lokasi sebanyak 26 buah,”ujarnya.

(Ati/Hms)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini